Facebook (ga) Haram

Bener ga sih Facebook haram? Apa yang menyebabkan Facebook menjadi diharamkan? Setelh keluarnya “Fatwa haram merokok” oleh Majelis Ulama Indonesia, sekarang mereka seolah membuat sensasi dengan merencanakan untuk mem-fatwakan Facebook. Hahaha, yang benar saja. Apa salahnya si Facebook ini? Bagi beberapa orang, Facebook dapat memancing nafsu birahi. Itu kan jika Facebook disalahgunakan untuk sesuatu yang tidak benar seperti memamerkan “sesuatu”. Di dunia kerja dan pendidikan, mereka bilang kalau Facebook mengganggu etos kerja, sampai-sampai beberapa perusahaan memblokir situs Facebook supaya tidak bisa diakses pada jam kerja. Itu tidak ada salah nya menurut saya karena memang kurang pantas jika kita bermain-main saat jam kerja.

Menurut saya, mem-fatwakan Facebook adalah sesuatu yang sangat kelewatan, seperti kurang kerjaan saja. Sebenarnya membuat fatwa semacam itu tidaklah perlu. Semuanya itu kembali kepada diri masing-masing. Bila FaceBook itu membawa manfaat bagi kita seperti bersilaturahmi dengan sanak saudara atau teman lama atau bahkan untuk menyebarkan agama islam, maka itu adalah halal. Karena digunakan untuk kebaikan. Tapi bila awalnya orang menggunakan FaceBook untuk menzolimi orang lain, melakukan kejahatan/ penghinaan, dsb yang bersifat negatif. Maka penggunaannya itu adalah Haram. Nah, ini yang kita perlu koreksi. Dengan tujuan apakah kita menggunakan Facebook? Apakah cuma sekedar mencari teman, berkomunikasi, tau bahkan untuk urusan bisnis, itu bisa dilihat dalam diri anda masing-masing.

Mendengar berita semacam ini di internet setiap hari, anak SD cuma bisa nyengir ajah. Biarlah waktu yang menentukan semuanya. Lalu bagaimanakah pendapat anda dari hati yang paling dalam?

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

2 Responses to “Facebook (ga) Haram”

  1. Ni-san says:

    Setuju…setuju… :3
    semuanya tergantung kita sendiri laah yaa~
    =w=

  2. Blog nya bagus.. artikel nya keren… boleh gk saya ambil sebagian sebagai referensi di blog saya yang baru ? terima kasih…

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers