Diam Adalah Emas

Siapa yang tahu maksud dari peribahasa yang menjadi judul artikel ini? Apakah dengan diam seperti patung (asmat), maka kita akan menjadi emas? Konyol!!! Apakah dengan diam lalu akan ada hujan emas? Ngaco banget!!! Atau mungkin membuat kita bagaikan emas berjalan? Ini lebih ngaco lagi dah!!! Jadi gini ceritanya, banyak orang lebih memilih untuk mengutarakan pendapatnya dalam suatu permasalahan, khususnya ketika permasalahan itu dialami orang lain, namun terkadang pendapat kita bukan atau tidak diinginkan oleh yang punya masalah, mungkin yang ia mau adalah didengar, ia ingin seseorang mendengarkan keluh kesahnya, kegalauan ataupun jeritan hatinya. Permasalahannya tidak banyak orang yang memiliki kemampuan mendengar, dibandingkan orang yang memiliki kemampuan berbicara.

Banyak alasan kenapa seseorang memilih untuk diam, mungkin karena memang dia tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan, sehingga dia diam, dalam hal ini diam bukan pilihan, diam merupakan satu-satunya pilihan. Ore diam ketika ore tidak ingin melukai pasangan bicara ore, tetapi ore juga tidak ingin berbohong terhadapnya.

Ore diam karena ore ingin mendengarkannya mengatakan apa yang ingin Ia utarakan kepada ore, dan memotong pembicaraanya sangat tidak sopan. Ore diam karena ore tidak kenal dia, dan menegurnya akan membuat ore kelihatan bodoh, dan ore tidak mau kelihatan bodoh.

Ore diam karena ore sedang buru-buru, bukannya Ore tidak mau membuang waktu ore, tapi ada hal lain yang lebih penting yang harus ore lakukan. Ore diam untuk memberinya pelajaran, dia akan mengerti dan belajar dari kesalahannya, daripada ore harus menerangkan secara detail, kesalahan yang Ia hadapi dan pemasalahan yang diakibatkannya. Jika dengan diam membuatnya berhenti menangis ore akan melakukannya, toh ia sudah menyadari kesalahannya.

Ore diam karena dia juga tidak suka pembicaraan yang sekedar basa basi, sehingga sangat menyenangkan bagi ore untuk tidak berbasa basi denganya. Ore diam karena tidak ada gunanya ore bicara, hasilnya tetap akan sama apapun yang ore lakukan. ore diam karena ore menikmati kesalahan yang dilakukan orang lain, sebagai bentuk balas dendam ore, atas kesalahan yang dilakukan terhadap ore.

Ore diam karena ore memang tidak paham akan permasalahan tersebut, mengomentari tentang hal yang ore tidak mengerti akan mempermalukan ore. Ore diam karena memang itu yang Ia inginkan, dan ore tidak ingin membuatnya tidak enak. Ore diam karena ore belum mendengar mengenai hal tersebut, jika ore tahu mungkin ore akan tetap diam, karena ore belum mengetahui permasalahan tersebut seutuhnya.

Ore diam karena ore ingin berkonsentrasi melihatmu, melihat apa yang akan engkau lanjutkan selanjutnya. ore diam karena Kamu sedang marah, marah yang tidak tersalurkan akan membuatmu sakit, dan marah yang dibalas marah akan menyebabkan perkelahian. Ore diam karena ore tidak tahu lagi apa yang harus ore tulis di artikel ini. Hahahaha….ngaco banget dah diamnya ore kayak apa.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

6 Responses to “Diam Adalah Emas”

  1. si kumb@ng says:

    Oleh sebab itu Tuhan ciptakan kita dua telinga agar kita lebih banyak mendengar dari dua sisi berbeda
    dan ciptakan kita satu mulut, agar kita sedikit bicara…
    nice share
    salam kenal juga :)

  2. Be Justice Is My Choice says:

    Diam bisa berarti setuju… bergantung bagaimana ekspresinya saat orang itu diam. Saat ini saya diam karena saya kurang lebihnya setuju dengan yang "ore" katakan.
    Benar ini tulisan anak SD…? Wah bisa-bisa anak kuliah balik lagi ke SD dong…
    Semoga berhasil

  3. goceng says:

    aq lebih sependapat dengan si kumb@ng, agar informasi banyak diterima dengan 2 telinga dan lebih terarah keluarnya yg disebabkan pengeluarannya cuma satu…

  4. yudhi-net says:

    Artikelnya sangat menarik dan sangat lugas.
    Blognya juga bagus banget.
    salam kenal dari yudhi-net di http://www.yudhi-net.co.cc
    Mampir ya kalo lagi senggang.

  5. djamrus says:

    Diam berarti mendengar, memperhatikan, menyimak, yang biasa dilakukan oleh calon orang pintar, dengan diam kita akan dapat mengetahui apa yang kita dengar.

  6. djamrus says:

    Diam dapat menciptakan Hati dan Otak berfungsi maksimal untuk melawan keadaan Panik,Takut, cemas dan kebodohan, Allah berfirman ; “Apabila ayat-ayatKU dibacakan maka DIAM-lah”, agar kamu tahu maksudnya.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers