Menyelamatkan Postingan Blog Yang Belum Sempat Di Backup

Sekedar meneruskan tips dari om Tony Stark. Kali ini sedikit trik, bagi yang mengalami suspend account blogger tetapi belum sempat backup, apalagi jika blog telah di hapus oleh blogger. Maka solusi untuk menyelamatkan postingan di blog tersebut adalah melalui RSS feed, setelah Om Tony mempraktekkannya, ternyata berhasil. mp9kf56ei8

*Update : Sejak hari Minggu, blog-blog yang terhapus telah dipulihkan kembali oleh Blogger. Sebenarnya ini adalah kesalahan teknis dari Blogger saja, jadi bagi para pengguna blogspot tidak usah takut lagi (apalagi yang blognya ‘matre’). Walaupun begitu, tips ini mungkin bermanfaat. pepatah mengatakan : “Sedia payung sebelum hujan”

Ikuti langkah-langkah ini :

1. Pastikan blog sudah terdaftar di feedburner. Login di feedburner. Klik judul blog untuk membuka statistik feed blog tersebut.

2. Pilih menu Optimize setelah itu di menu kiri atas pilih menu XML Source. Copy kode XML source ini. Paste ke notepad. Save notepad dengan extensi dot xml.

3. Buat account baru di blogger. Ciptakan sebuah blog. Pilih setting/pengaturan. Setelah itu pilih import blog.

4. Upload file RSS yang di save dengan format dot xml tadi. Klik import.

5. Setelah sukses, isi blog Anda sudah kembali.

6. Jika memakai kustom domain, URL domain yang kita beli tidak bisa di pakai lagi untuk kustom domain di blogger. Solusinya pindah memakai jasa hosting. Dalam hal ini saya menggunakan layanan wordpress.org untuk manage blog.

7. Setting DNS server domain Anda ke hosting Anda, gunakan WordPress untuk manage blog Anda.

8. Login ke WordPress, Pilih menu manage di WordPress, terus klik import. Pilih blogger. Masukan username dan password blogger Anda. Jika berhasil blog Anda yang digunakan untuk menampung hasil RSS di blogger akan muncul. Set sebagai author/admin. Save. Nah sekarang isi blog Anda telah berhasil diselamatkan..

Cara ini telah saya coba dan berhasil. Untuk blog yang berstatus blogspot, URL blog tidak akan terselamatkan karena telah di hapus Google. Sedang yang menggunakan kustom domain dan jika beralih menggunakan hosting, barangkali isi blog beserta URL bisa selamat. Hanya saja apakah URL post apalagi yang menyangkut paid review berubah alamat ore juga tidak tahu.

Catatan :

1. Jika Anda menggunakan layanan feed selain feedburner, cari saja xml source di layanan tersebut, kemudian ikuti langkah diatas.

2. Kelemahan cara ini adalah hanya bisa menyelamatkan 25 postingan terakhir yang ada di RSS Feed

3. Jika ada yang tahu solusi agar semua postingan bisa dipindahkan mohon pencerahannya.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

2 Responses to “Menyelamatkan Postingan Blog Yang Belum Sempat Di Backup”

  1. Danta says:

    Wah.. tengkyu mas tipsnya.. belum pernah import.. tapi mungkin besok akan terjadi.. suwun :-)

  2. Awesome issue, did not thought it would be so stunning when I read the title!!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers