Pentingnya Original Content

Sekedar berbagi pengalaman saja, mungkin ini adalah pengalaman ore yang pahit selama menjalani profesi sebagai blogger matre.Dari judul diatas, coba tebak ore mau cerita apa? Pasti terlintas di benak pembaca tentang “plagiarisme” atau “copas (copy paste)” atau bahkan “Malingsia (Malaysia Maling Asia)” atau apalah. Yang pasti dengerin dulu cerita ore nih, siapa tau bisa jadi pelajaran buat yang ngerasa suka melakukan hal-hal yang disebutin diatas, hahaha *diinjek*.

Jadi begini ceritanya, suatu hari ore mendapat email dari seorang advertiser (yang entah darimana dia tahu alamat email ore). Advertiser ini bilang kalau dia tertarik dengan blog ore dan ingin membeli tempat untuk dia beriklan. Ada 2 pilihan, hanya dengan text link atau artikel berbayar (paid review neeh). Karena ore waktu itu masih bego dan belum mengerti mana yang menguntungkan, ya ore pilih aja menulis postingan berbayar. Padahal menurut Om Tony Stark, text link lebih menguntungkan karena hanya dengan memasang text sederhana dan tinggal ongkang-ongkang kaki kita bakal menerima gaji buta gitu, katanya. WOkeh!!! Berhubung ore pilih untuk mengerjakan postingan matre, si advertiser akan membayar sebanyak $35 hanya untuk 1 postingan itu.

Lanjut ke pekerjaan, berhubung waktu itu otak ore lagi ga mau jalan, ore ambil jalan pintas aja dengan mencari beberapa artikel lain yang punya topik serupa dan mencampur adukkan semua artikel yang ore dapatkan menjadi 1 posting. Keliatannya sih bagus dan ga keliatan kalau itu adalah “es campur” dari beberapa artikel blog lain. Terus ore submit aja ke advertiser tadi lewat email. Setelah beberapa menit, apa yang terjadi saudara-saudara? Dengdengdengdengdeng………

Ore dapat surat kayak gini :

Hello,

Thanks for sending this post for my review. Unfortunately, I cannot accept it in its current form. We ran the article through Copyscape and
found that it features duplicated content and is also too similar to several other websites. Avoiding duplicate content is a must for us.

All posts we compensate for must be 100% original. As a webmaster/blogger yourself, I am sure you are aware of the serious
repercussions that may evolve from using duplicate content as it can hurt both your site and our business site.

If you would like to modify the article and send it back to us for review, we will consider that. If you would like us to provide an
article that we write, we can also do that, though it will alter our payment offer to you.

Aduh, apes ternyata ketahuan juga kalo ore nyomot dari tempat orang. Tentu saja hal ini membuat ore malu dan menyesali perbuatan yang tidak terpuji ini, mengkopi artikel orang. Untungnya, advertisernya masih berbaik hati dan meminta ore untuk membuat kembali artikel yang original. Ore pun meminta maaf dan mengatakan akan segera menyelesaikan artikel ore yang asli secepatnya. Selama ini ore ga pernah melakukan kesalahan separah ini, bahkan ore tidak pernah sekalipun mendapat komplain dari advertiser masalah grammar (pernah sih dulu dikomplain ama advertiser bawel karena blog ore kebanyakan banner, jadi dia men-decline job yang dah ore kerjakan). Baru kali ini tentang duplicate content. Akhirnya ore mengerahkan seluruh kemampuan untuk membuat artikel yang benar-benar bagus dan asli. Setelah 1 jam bertpikir, akhirnya jadi juga dan ore serahkan kembali. Kali ini ore tes dulu di copyscape apa ada yang kembar sama tulisan ore yang ini dan hasilnya kosong *selamet deh*. Beberapa menit kemudian, surat cinta dari advertiser tadi pun datang dan…….dengdengdengdnegdengdengdengdengdneg!!!!!!!!

Thank you for sending your article over so quickly. It is perfect the way you have it. I would love to see it once it is live. We will be sending your payment as soon as possible to the pay pal account you mentioned below. If you have any other sites please send them over to us and we will take a look at them and see if we can do a post on them as well. Also if you have any friends or colleagues that might be interested in working with us, we would love to chat with them.

Huahahahahaha!!!! Ore jadi gede tuh kepalanya begitu baca tuh surat, artikel ore dibilang bagus *ditabok*. Ternyata mengandalkan kemampuan kita yang sesungguhnya lebih baik daripada harus mencuri milik orang lain. Hari berikutnya, kiriman uang dari sang advertiser pun mengalir ke Paypal (mami) ore. Dia juga bilang kalau ore punya blog lainnya, ore bisa daftarkan untuk dia beriklan disitu, atau jika ore punya teman yang blognya bagus, bisa juga ngasih email teman ore itu buat dikontak. Dari sini ore akhirnya tau, owh, ini pasti kerjaan Sensei. Dia yang ngasih tau alamat email ore supaya advertiser tadi datang buat ngasih ore kerjaan (bukan malah ngerjain lho).

Yup, apapun itu, penjiplakan atau plagiat adalah tindakan pencurian yang sangat dibenci baik itu dari Google, blogger, rakyat Indonesia (yang merasa budaya mereka dijiplak), bahkan seluruh dunia. Jika kamu tidak punya ide untuk menulis artikel, terutama artikel matre, jangan pelit pelit untuk berbagi rejeki ke orang lain dengan meminta bantuan mereka. Ore juga sering gitu kalo ada job banyak, berbagi job ama Gio *hha, ada yang cemburu ya?* Udah ah, itu dulu ceritanya. Yang jelas ore mau mudik dulu. Met Idul Fitri yah, mohon maaf lahir dan batin^^

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

16 Responses to “Pentingnya Original Content”

  1. narti says:

    syukur deh akhirnya bisa, usaha dan kerja keras tidak akan sia2.

    selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

  2. pelangi anak says:

    Wah hebat juga ya Mas!

  3. jhonson blog says:

    baguss sekali ini pengalaman buat semuanya..termasuk gw juga tentunya..wakakka.

    cuman perlu tambahan ada beberapa situs yg menyediakan artikel yg bebas diambil sapa saja dan dimana saja tanpa perlu izin dr yg punya,tapi dgn syarat mencantumkan kode sumbernya :).

    tapi klo dlm hal paid review seperti ore tadi yahh tentunya haruss dr kita punya alias originil..wakakakkak

  4. Zippy says:

    Itu advertiser'x mana sih…??
    Bagi2 dok, kali aja gue kecipratan $$$-nya 😀

  5. Ariel Lakindy says:

    apa adanya itu lebih baik, kalo dolarnya berlebih2 itu jauuuuh lebih baik….salam.

  6. Ramuni says:

    mau mudik kemana fre? -towel2-

  7. jimmy says:

    nah nah ini yg haruss di perhatikan sama blogger2 lain…jgn copy tubrukk…wakakaka :)

  8. Anak SD says:

    @Narti : sama2 yah^^

    @Pelangi : JANGAN PANGGIL ORE "MAS"!!! ORE CEWEEEEKKK!!!

    @jhonson : yah, mungkin kita bisa mengambil artikel bebas tadi dan membuatnya kembali dengan bahasa kita sendiri, yang penting hasilnya terdeteksi sebagai original content.

    @Zippy : kalau anda mau, hubungi ore beserta detail yang ada seperti status blog dan alamat email, tar ore pertemukan dengan advertisernya deh jika blognya memenuhi syarat.

    @Ariel : yang penting duitnya halal^^

    @Ramuni : mau ke Purwokerto, hihihi^^^

    @Jimmy : kalo kopi tubruk mah enak buat begadang malam^^

  9. Reyvateilia says:

    bisa ngak kenalin ore ama advertisernya?
    hehehhe

  10. Tony says:

    memang mantap ori content :)

  11. RavenGirl says:

    hegh

    ga nyangka lw pernah plagiat punya org =,=a

  12. mybisnis says:

    bagaimanapun jeleknya sebuah karya asal itu karya sendiri…pasti memiliki kepuasan yang jauh berbeda dengan hasil jiplakan tul ngga sob

  13. miyabi movie 2009 says:

    My first coming,..
    Success for you!

  14. ariwolu says:

    😀
    Inspiratif…
    Buat saya yg malas dan gak mau repot selalu mengandalkan penulis content berbayar..

  15. Heryan Tony says:

    Mantap, bagi2 kita donk kalo ada tawaran xixixi……………

  16. icang69 - Trik jitu menjebak para plagiat says:

    Aku punya trik baru buat menjebak para plagiat. Mau?

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers