Deal Dengan Advertiser Lepas

Bagaimana perasaan anda jika ada seseorang yang menawarkan kerjasama dengan bayaran yang tinggi? Tentu saja kita akan menerima tawaran kerjasama itu, jika kita masih sehat (dalam artian masih doyan uang XD). Hal semacam ini juga ore alami dalam kegiatan blogging sekaligus monetizing blog. Suatu hari, saat ore selesai mandi (kembang), ore mengecek email masuk. Kali aja ada surat cinta masuk. Ternyata ada satu surat yang kelihatan asing. Weks, bahasanya aneh banget ga bisa dibaca. Ternyata bahasa Rusia dan di dalam surat itu ada salah satu alamat blog ore yang disebutkan. Sebelumnya ore mengira itu adalah email spam, tapi sebelum itu ore penasaran dan ingin tahu apa sih isi suratnya dalam bahasa yang bisa dimengerti? Ore pakai saja fasilitas Google translate untuk menterjemahkan bahasa Rusia itu ke bahasa Inggris. Lho, kenapa ga langsung ke bahasa Indonesia saja? Soalnya nanti hasil terjemahannya pasti jelek kayak kepiting rebus *dicapit*

Setelah diterjemahkan, ternyata isinya adalah advertising request. Aha, ore baru sadar kalau ore baru saja menghadapi yang namanya advertiser lepas. Advertiser lepas bukan dalam artian advertiser yang lepas dari kandangnya :), tetapi advertiser yang datang langsung pada kita tanpa melalui perantara atau broker. Jika kita ikutan program seperti Sponsoredreviews, ReviewMe, Blogvertise, program-program itulah perantara yang mempertemukan kita dengan advertiser. Tapi memang ada benarnya karena kadang program-program seperti itu bisa menjadi ‘kandang’ bagi advertiser maupun blogger. Hewan yang dipelihara dalam kandang biasa diberi makan secara teratur, tapi hanya untuk takaran tertentu dan mungkin tidak membuat kenyang. Kalau advertiser lepas biasanya sengaja mengembara dari blog ke blog untuk mencari tempat yang bagus untuk dia beriklan. bersyukurlah anda jika ada advertiser yang memilih blog anda untuk dijadikan tempat beriklan karena si advertiser baru saja feel in love dengan blog anda.

Adapun keuntungan-keuntungan yang bisa kita dapatkan jika melakukan deal dengan advertiser lepas, kita biasanya dibayar dengan harga tinggi, jika dibandingkan dengan job yang kita dapatkan melalui broker. Selain itu anda memiliki kesempatan untuk ‘berkenalan’ dengan si advertiser dan menjalin kerjasama yang lebih erat. Yeah, ore sudah punya banyak kenalan advertiser lepas, bahkan ada yang sering mengajak chatting via MSN. Ore sih enjoy aja selama advertisernya bisa diajak kerjasama dan ‘tidak macam-macam’. Pokoknya wuenak deh bersahabat dengan advertiser bule yang kaya *matre mode on*.

Adapun ore bisa memperoleh aliran $$ lebih banyak daripada mengikuti program-program paid review pada umumnya. Biasanya jika pekerjaan kita memuaskan, kita bisa mengajukan blog kita yang lain untuk dijadikan sarana advertising bagi si advertiser itu. Dalam hal ini biasanya ore akan mengajak orang-orang ‘terpilih’ yang memiliki blog untuk diajak bekerjasama. Blog mereka ore tawarkan ke advertiser tadi, jika memenuhi syarat, orang yang ore ajak kerjasama yang akan dibayar.

Nah, gimana caranya supaya blog kita bisa disinggahi oleh advertiser lepas? salah satunya adalah menyediakan halaman ‘contact us’ di blog kita. Itu akan memudahkan advertiser untuk menghubungi kita. Jika kita merasa tidak nyaman jika harus menampilkan alamat email kita di halaman kontak, pakai saja layanan dari Kontactr yang bisa anda pasang dengan mudah, lihat contohnya di menu ‘kontak’ yang ada di sebelah atas blog ini.

Nah jika sudah disinggahi dan advertiser menanyakan harga untuk space advertising di blog kita, usahakan jangan kita yang membuka harga. Biarkan si advertiser sendiri yang menentukan harganya karena biasanya harga yang diberikan advertiser lebih dari yang kita harapkan. Lebih baik kita diam untuk urusan harga, karena diam adalah emas :)

Setelah melakukan deal, usahakan untuk membuat dia senang dengan mengerjakan job yang diberikan dengan sepenuh hati. Menyenangkan hati seseorang itu pahalanya besar, dan itu juga berlaku disini. Setelah menerima bayaran, bilang terimakasih. Berikan tenggang waktu beberapa hari jika kita ingin menawarkan blog anda yang lain supaya advertisernya tidak gerah.

Yup, kira-kira seperti itulah. Yang jadi masalah adalah apakah blog anda cukup kuat untuk menarik perhatian advertiser yang lepas dari kandangnya? Jika masih belum, matangkan dulu Alexa, link popularity dan sebagainya. Lalu buatlah tampilan blog yang menarik, tidak harus banyak pernik-pernik yang membuat blog serasa berat dibuka, yang penting sederhana dan enak dilihat. Dengan begitu advertiser akan merasa betah untuk singgah di blog anda.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

5 Responses to “Deal Dengan Advertiser Lepas”

  1. Zimi says:

    Mantap !! saya masih pemula dalam paid review jd blum pernah dpt advertiser lepas, btw artikel ttg Linkworth ada dimana nih ?

  2. Students that would like to get good grades detect a trustworthy custom classification essays service to purchase their persuasive term paper from. The same things we do also.

  3. dani says:

    sob, ane juga baru dapat email dari adv lepas nih. ini pertama kali buat ane. ane musti jawab apa ya, biar adv gk lepas? Terus ada trik gk sob, supaya itu adv yg ngasih harga duluan? Sori, linggis ane masih pas-pasan nih.. :)
    Trims sob ..

    • Anak SD says:

      Bilang aja gini :”I’d like the price to be decided by you”, pokoknya gitu aja. Jangan pasang harga dulu. Kalau rasanya harganya kurang pantas, anda boleh menawar tapi jangan terlalu tinggi karena tar advertisernya lepas lagi lho.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers