Teliti Sebelum Bertukar Links!

Ada banyak cara untuk meningkatkan popularitas blog kita di mata Google, salah satunya yang paling sering dilakukan oleh para Blogger adalah saling bertukar link, istilah asingnya ‘link exchange’. Definisi dari pertukaran link adalah kedua pihak (blogger) yang sepakat untuk saling memasang alamat situs atau blog teman bertukarnya itu di suatu tempat yang ada di dalam situs/blognya. Blogger A memasang alamat blog dari blogger B, Blogger B pun melakukan hal yang sama dengan memasang alamat blog dari blogger A. mengapa harus bertukar link? Karena semakin banyak link masuk menuju blog kita, maka akan semakin bagus pula statusnya, apalagi jika link masuk dari blog yang ber pagerank tinggi. Artinya, semakin banyak bertukar link dengan blogger lain, maka semakin banyak link masuk ke blog kita dan itu dapat emningkatkan link popularity blog kita. Kira-kira begitu lah prosesnya.

Dalam rangka meningkatkan kualitas blog masing-masing, para blogger pun berlomba-lomba untuk mencari partner yang mau untuk diajak saling bertukar link. Seru memang, kita bisa saling mengenal antar blogger satu dengan yang lainnya. Itulah segi positifnya. Tapi ada pula segi negatifnya. Perlu anda ketahui, tidak semua blogger yang kita ajak bekerjasama dalam hal pertukaran link itu mau bersikap fair. Kenapa bisa begitu? Apakah blogger yang bersangkutan tidak memasang link partnernya, sementara link blog dia terpasang di blog partnernya? Bukan seperti itu yang dimaksud. Mungkin blogger awam tidak menyadari trik yang digunakan oleh blogger yang tidak fair tadi. Mereka memang memasang link kita di sidebar atau blogroll, tapi link yang dipasang ditambahi sebuah penghalang Orichalcos, eh bukan, tapi tag ‘nofollow’. Perlu anda ketahui bahwa link yang mengandung tag ‘nofollow’ tidak akan terindex sebagai link masuk, dengan kata lain itu adalah link yang sia-sia.

Jika di HTML kan, maka akan terlihat seperti ini :

<a href=’http://bloganda.blogspot.com’ rel=’nofollow’>Blog Anda</a>

Tuh, yang dicetak tebal adalah tag ‘nofollow’ yang menghalangi link anda terindex di Google.

Bayangkan saja, kita memberikan link masuk kepada seorang blogger secara normal, tapi si blogger itu mencurangi anda dengan memberi embel-embel ‘nofollow’ di link anda yang terpasang di blog dia. Tentu saja hanya dia yang mendapatkan backlink atau link masuk, sedangkan kita tidak. Perasaan anda pastilah merasa dibohongi, merasa dimanfaatkan, atau sejenisnya lah. Jika demikian, ore akan memberikan cara untuk menangkal praktek pertukaran link yang salah seperti tadi.

Lanjut. bagaimana kita bisa tahu kalau link kita yang terpasang itu adalah nofollow? Ada dua cara. Yang pertama, klik kanan pada sebuah link, lalu pilih properties. Jika di bagian ‘relation’ nya ada tulisan ‘nofollow’ berarti link itu memang nofollow. Tapi jika kosong atau tulisannya ‘dofollow’, berarti link itu normal.

Cara kedua, adalah dengan menggunakan add-ons Firefox bernama noDofollow. Silahkan dapatkan add-on itu disini. Cara menggunakannya, setelah terinstall, seperti biasa restart Firefox. Kali ini tidak perlu menyorot link tertentu, ‘coz of this addon, the darkness will be illuminated. Klik kanan saja lalu pilih ‘nodofollow’ :
Dan kebenaran akan terungkap :

(ini hanya contoh link-link yang ditag nofollow saja, BUKAN Blogger yang menggunakan tag nofollow pada blogrollnya).

Jika link berwarna merah, menandakan bahwa itu nofollow. Sedangkan dofollow akan berwarna biru.

Conclusion :
Dengan trik yang ore jabarkan tadi, blogger dapat lebih selektif dalam memilih rekan kerjasamanya dalam bertukar link. Jadi, jika anda benar-benar mengharapkan link dofollow, periksa dulu sebelum membeli, maksudnya periksa blogger yang akan anda ajak kerjasama itu dengan memeriksa apakah dia menaruh link partner-partnernya di tempat yang layak? Jika perlu periksa dengan addon tadi. Jika anda merasa tidak nyaman setelah melihat indikasi nofollow, tinggal pergi saja dan cari blogger lain yang lebih baik. Tapi jika anda terlanjur bertukar link dengan link dengan ‘unfair blogger’ seperti tadi atau baru menyadari bahwa ternyata anda hanya dimanfaatkan, terserah anda mau mencabut link yang terpasang di blog anda itu. Oke, selamat berburu link yah^^

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

8 Responses to “Teliti Sebelum Bertukar Links!”

  1. putra says:

    Iya nih, Saya juga banyak mendapatkan blog yang blogrollnya berelation nofollow ..
    Jahat banget ya …

  2. tech news says:

    owhh ghitu ya ,pelajari lagi nih,,masih bingung,,

  3. Tony says:

    aha info yang bagus sekali :)

  4. Yusa Indera says:

    Bener banget mas, sy jg srg nemuin blog sprt ini… solusi lain kasih aja rel nofollow ke blog tersebut (yg ngelink pake nofollow) pasti jadi impas linknya..

  5. Nugraha says:

    Iya sih.. kayak uraian de Ore di atas, tapi kadang kita nggak tega kalo ada yg ngajak tukeran link, kan “ditonton” banyak orang ? Maksudnya begitu ada seorang blogger ngajak tukeran link di shoutmuix kita, pasti banyak orang yg baca, kalo nggak kita tanggapi, disangkanya kita sombong, ga mau tkrn link :(

  6. blognya pns says:

    sip2 nih tipsnya.. aq jg kepikiran sih, tapi gak pernah aq cek he3

  7. Ulik says:

    makasih banyak info’y…
    mantap lah…

    (^_^)”

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers