Jika blog kita terhapus


Akhir-akhir ini, Blogger sedang gencar-gencarnya menghapus blog yang bercokol dalam layanannya. Hal ini mungkin dialami oleh beberapa blogger, dan mungkin anda juga termasuk dalam salah satu korbannya. Pertanyaan yang biasa timbul dari beberapa pebisnis PTR adalah, jika blog kita terhapus, apakah pembayaran yang masih belum terbayar akan dibayarkan? Apakah advertiser akan marah dan melaporkan kita pada broker PTR dan berujung pada di suspend nya account kita?

Untuk kasus pertama yang masalah pembayaran, biasanya pembayaran kita akan di hold atau ditunda dan jika dalam jangka waktu tertentu kita tidak bisa mengembalikan blog yang terhapus seperti semula, maka bayaran kita akan di cancel. Itu biasa terjadi di program Blogvertise. Untuk program yang lainnya juga mungkin begitu modelnya. Kalau sudah terbayar sih tidak masalah. Kita bisa menghapus blog kita dalam daftar supaya tidak menimbulkan masalah dengan broker yang bersangkutan. Tapi itupun tidak menjamin keselamatan anda untuk tetap eksis di program PTR yang bersangkutan karena kita bisa saja di suspend setiap saat jika ketahuan.

Untuk kasus kedua, selama kita tidak bisa mengembalikan blog kita jangan harap bisa tidur nyenyak karena ‘surat cinta’ bisa dikirim kapan saja. Tapi apa boleh buat, semua itu memang sudah resiko bermain PTR. Andapun juga harus siap dengan semua yang akan terjadi karena hidup itu seperti roda yang berputar. Kita bisa saja berada di bawah dengan cara demikian.

Untuk berjaga-jaga, ada baiknya kita melakukan persiapan. Jika anda terlanjur mengguakan bloganda.blogspot.com, blog anda tidak akan bisa dikembalikan lagi ke alamat semula walaupun di backup. kalaupun bisa, alamatnya pasti akan berubah dan blog itu akan dianggap baru lahir oleh Google. Tapi selalu ada solusi untuk blog yang menggunakan custom domain. Anda boleh saja berpindah layanan dari Blogger ke WordPress kapanpun anda mau untuk ‘menghindari kiamat’ dari Blogger. Tapi jika masih belum mau pindah, masih enjoy dengan layanan Blogger, atau mungkin anda adalah seorang blogger yang ga modal, ore sangat menyarankan untuk segera membackup postingan yang ada, lalu simpan di tempat yang aman. Backup data anda dengan masuk ke menu setting, lalu pilih export dan downloadlah data postingan anda.

Selanjutnya bagaimana? Bukankah kita tidak tahu kiamat itu kapan? Sama halnya dengan penghapusan blog anda. daftarkan blog anda di layanan penyedia RSS feed seperti Feedburner. Aktifkan feature ‘email subscription‘ dan masukkan email anda untuk berlangganan postingan sendiri. Setiap anda update blog, salinan postingan anda akan terkirim ke email. Jangan hapus setiap kiriman itu karena akan sangat berguna untuk mengembalikan sisa postingan yang belum sempat dibackup. Sangat berguna untuk pemain PTR yang kehilangan postingan review di blognya yang belum sempat dibackup.

Jika anda sudah melakukan persiapan diatas, jika air bah datang menderu kita hanya tinggal masuk dalam bahtera dan menunggu sampai air bah surut *kayak film 2012*. Sudahkah anda mem backup blog anda?

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

9 Responses to “Jika blog kita terhapus”

  1. Tony says:

    tips yang bermanfaat sekali sis :)

  2. Darin says:

    wah jadi pengen cepat2 migrasi ke wordpress nih!

  3. sarif husin says:

    mudah mudahan saya tidak termasuk yang disupened blogger amin

  4. Bujang Riau says:

    Ijin tuker link, link nya sudah terposisi dengan apik di blog saya. di tunggu backlinnya

  5. Rijaningrum says:

    Semoga saja aku tidak termasuk dalam blogger yang kena hukuman dari blogger….
    Btw, boleh ngajak tukaran link ga sobat??

  6. oby says:

    bloog anak SDD
    hihih aku penggemar rahasia blog kamu lhooo
    T_T
    jadi takut nih main PTR….
    soalnya blogku cuma atu,,,, itupun dri kecil ku rawat
    ku ikutin PTR atau gak yah
    aku pingin tanya banyak ke kamu soal dunia PTR…
    boleh gak??
    kalau boleh hub . YM aku yah
    oby_cloud@yahoo.co.id
    thx

  7. Michelle says:

    tips yang bermanfaat sekali sis :)

  8. Michelle says:

    mudah mudahan saya tidak termasuk yang disupened blogger amin

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers