Belajar Piano

belajar pianoOke, kali ini ore ingin menulis sebuah postingan eksklusif yang sebelumnya belum pernah ore bahas, yaitu tentang belajar piano. Ini bermula saat ada teman ore yang bertanya “butuh berapa lama untuk bisa main piano kayak levelmu?” Ore bingung harus menjawab apa, soalnya ore sendiri sudah lupa sejak kapan mulai berlatih piano. Tapi sebenarnya jawaban untuk pertanyaan itu relatif. Ada yang hanya beberapa tahun sudah bisa main, ada juga yang butuh waktu bertahun-tahun baru bisa jadi pianis handal, semuanya tergantung bakat dan kemauan, ditambah dukungan dari orang-orang sekitar. Pastinya ya, tidak mungkin blajar piano bisa berhasil dengan instant. Jangan harap baru latihan 3-6 bulan saja anda sudah bisa memainkan lagu karya Chopin atau Mozart, itu mustahil. Anda perlu mencari tempat kursus piano terdekat atau mengundang guru piano ke rumah jika memungkinkan dan itu membutuhkan waktu lama, bisa 3 tahun, 4 tahun, tergantung bagaimana niat untuk belajar piano.

Kadang ore juga sering diminta untuk mengajar piano oleh teman atau untuk anak mereka. sayangnya ore tidak punya bakat untuk mengajar. Perlu diketahui bahwa orang yang bisa bermain piano belum tentu bisa mengajar piano. Walaupun begitu tetap saja ore dapat murid. Itupun ore hanya mengajari membaca not balok tingkat dasar, latihan jari dan sisanya menggunakan ‘metode ngawur’ yang ore buat sendiri. Cuma sebatas itu dan pokoknya ore bisa ngajar lebih jauh lagi XD.

Untuk ‘metode ngawur’ nya, ore menggunakan sebuah software piano digital, Synthesia. Sebenarnya progam ini sudah lama ore punya dan biasanya ore pakai buat adu kecepatan main. Software ini dapat bekerja dengan memutar file yang extensi .mid atau yang disebut MIDI. Cara memakainya sangat mudah. Jika software ini sudah terinstall di komputer/laptop, carilah sebuah lagu yang formatnya MIDI. Klik kanan dan pilih ‘play with Synthesia’, program ini akan berjalan dan seperti yang anda bisa lihat demo dibawah ini, tuts-tuts yang harus dimainkan untuk lagu akan terlihat :

Hha, sory bukan video sendiri, lagi males bikin :P. Nah, untuk kecepatannya bisa diatur sesuai selera. Mau yang lambat dulu atau langsung dengan kecepatan normal, boleh saja. Yang pasti ini software piano digital yang bagus untuk latihan piano, terutama yang tidak bisa baca not balok XD. Biasanya ore kalau mengajar menggunakan ini dengan menaruh laptop di depan piano dan memutar lagu yang untuk latihan. Biasanya sih slow dulu. Perhatikan saja dimana jarimu harus melangkah, itu yang selalu ore bilang kepada murid ore. Dengan mengikuti tanda jari yang ada di Synthesia, ternyata efektif juga dan hasilnya murid ore bisa memainkannya, bahkan menghafal dan tanpa melihat lagi, hahaha XD

Semua lagu bisa diputar di Synthesia asal formatnya MIDI. Anda bisa mencari dengan browsing untuk mendapat lagu yang anda suka, lalu memutarnya untuk dipelajari. Tapi ya pelan-pelan dulu belajarnya, jangan cepat-cepat.

Buat anda yang punya keyboard dengan colokan USB port di keyboardnya dan /atau MIDI in out, bisa disambung sama komputer/laptop. Dengan begitu anda bisa langsung praktek dengan keyboard asli untuk menirukan tuts di keyboard virtual Synthesia. Seperti ini kabelnya :

Midi plug to USB

Midi plug to USB

USB to USB

USB to USB

Midi To SC

Midi To SC

Untuk download Synthesia, langsung saja disini http://www.synthesiagame.com/getTheGame.aspx

Oh ya, ore jadi ingin merekomendasikan sesuatu, yaitu koleksi MIDI buatan Sensei yang kebanyakan adalah lagunya Yiruma. Yo, bagi yang suak sama lagu-lagunya Yiruma silahkan mampir di Gajeland.

Keywords for this product »dasar belajar pianika, belajar piano lagu anak, kunci piano xts-4900, keyboard xts 4900, tehnik dasar belajar pianika, Not angka permainan adu musik piano, Not angka Lagu anak-bermain bola, lagu anak untuk main piano, belajar organ dengan lagu river flows in you, kunci piano xts 4900, not pada keyboard XTS-4900A, not piano xts 4900, not xts 4900, permainan pianika untuk laptop, Piano belajar xts 4900, piano xts-4900, River Flows in you not piano 10 jari, tips baca not balok, video anak anak xts, kunci piano lagu anda anak, Kunci kunci untuk keyboard versi XTS-4900, Kunci electronic keyboard XTS-4900, cara belajar pianika dan not pianika, cara bermain keyboard xts 4900, cara bermain pianika anak, cara main keyboard XTS-4900, Cara mainkan xts-4900 gmna, cara memainkan keyboard xts 4900, cara mengajar anak 6 tahun main piano, cara mengajar anak piano
You can leave a response, or trackback from your own site.

7 Responses to “Belajar Piano”

  1. putra says:

    Kalau saya sih, lagi giat giatnya belajar gitar. Gile, 2 taon gak bisa bisa juga. Emang nggak bakat kali ya .. HEhe
    Btw, sofwernya tu mirip gitar hero (PS2) ya … :)

  2. ismail says:

    thanks

    sangaat bermanfaat

  3. Tama says:

    Wah mantap nih ilmu dan infonya…
    Beruntung bs ketemu nih..kebetulan aq suka banget main piano..
    Tahnks banget ya,,
    Salam kenal…

  4. Rendi Armawan says:

    aplikasi ini bisa bwt nyiptaiin lagu sendiri gak sih ? , n gmn caranya ?

  5. Ahsan says:

    yang mau jadi keyboardis harus nyoba nih, keyboard hero,, hehe

  6. dniz says:

    wow… 3-4 tahun ya! lama amet :( .Ane kira cuman setahun dah bisa. Ane br 3 bln bljr piano br bs 4 lg. BTW thanks infonya.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: Free MMORPG | Thanks to MMO List, Video Game Music and Game Wallpapers